Jumat, 03 Juli 2009

Ancaman Meninggalkan Sholat Berjamaah

Allah Maha Adil. Dia menciptakan segala sesuatu dengan seimbang, ada baik pasti ada buruk, ada siang yang disertai dengan malam, begitu pula ada janji dan limpahan karunia yang besar disertai dengan ancaman bagi yang meninggalkannya

Salah satu diantaranya adalah Sholat. Allah Ta’ala menjanjikan pahala dan balasan yang luar biasa bagi yang menegakkan sholat berjamaah, diantaranya adalah

Dari Ibnu Umar ra, Rasulullah saw bersabda, ”Sholat berjamaah 27 derajat lebih utama dari pada sholat sendirian.” (Malik, Bukhori, Muslim, Tirmidzi, Nasa’i)

Disamping pahala yang besar, Allah Ta’ala memberikan ancaman bagi siapa saja yang meninggalkannya, diantaranya

Dari Ibnu Abbas ra, Rasulullah saw bersada, “Barang siapa mendengan adzan dan tidak memenuhinya tanpa satu udzur yang menghalanginya, maka sholat yang dikerjakannya tidak akan diterima.” Para sahabat bertanya, “Apa udzurnya?” Rasul saw menjawab, “Takut atau sakit.” (Abu Dawud, Ibnu Hibban, dan Ibnu Majah)

Dari Muadz bin Annas ra. Rasul saw bersabda, “Kebatilan (yaitu kekufuran dan kemunafikan) terbesar adalah orang yang mendengar seruan muadzin untuk sholat, tetapi tidak memenuhinya.” (Ahmad, Thabrani)

Dari abu hurairah ra, Rasul saw bersabda, “Sungguh aku ingin mneyuruh para pemuda agar mengumpulkan beberapa ikat kayu bakar untukku, lalu kudatangi orang-orang yang sholat di rumahnya tanpa udzur, dan kubakar rumah-rumah mereka.” (Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, tirmidzi)

Dari Ibnu Abbas ra, Sesungguhnya ia ditanya tentang seseorang yang berpuasa di siang hari, berdiri (sholat) di malam hari, tetapi ia tidak menghadiri sholat berjamaah dan tidak menyertai sholat Jum’at, maka Ibnu Abbas ra, menjawab, “Ia berada di neraka.” (Tirmidzi)

Saudaraku…..

Betapa besar ancaman yang diberikan Allah Ta’ala bagi yang meninggalkan sholat berjam’ah. Sebagai umat Islam sudah selayaknya kita selalu takut pada Allah Ta’ala dan selalu mengharap ridlo dan ampunanNya. Mari kita penuhi masjid-masjid dan musholla-musholla. Mari kita kerjakan sholat fardlu di awal waktu, di tempat adzan dikumandangkan dan secara berjamaah.

Betapa indah jika ummat Islam selalu berjamaah dalam setiap jengkal kehidupannya…….

0 komentar:

Posting Komentar